Momen Bersejarah Ku, Wisuda Sarjana Univ Gunadarma. April 2015

Irfan Hikmatiar 4:01 PM
Mulai dari kiri ke kanan, Alpin-Aris-Anngi-Richo-Ines-Wahid-Saya

Sebelum hari wisuda

Minggu 26 april 2015 merupakan hari berbahagia bagi saya, orang-orang tercinta saya, dan juga seluruh teman-teman seperjuangan yang pada hari itu melaksanakan ritual kelulusan bernama wisuda. Wisuda kali ini merupakan wisuda terakhir (wisuda ke 3 dari 3) yang di adakan pihak kampus bagi angkatan 2010 yang lulus dengan normal selama kurang lebih 4 tahun mengenyam pendidikan di bangku kuliah. Sebelumnya wisuda juga diadakan di bulan Oktober dan Desember 2014.

Beberapa hari sebelum wisuda saya cukup bingung karena tidak memiliki pakaian jas sebagai dress code acara, bingung karena jas milik ayah saya cukup lebar dan jika saya gunakan seakan-akan saya tenggelam ditelan pakaian tersebut. Namun jika membeli jas, selain penggunaan nya yang jarang, harganya pun cukup membuat isi dompet banyak keluar. Akhirnya dipilihlah win win solution yaitu meminjam jas milik tetangga. Dan setelah saya mencoba mengenakan nya, bisa dibilang masih sedikit terlalu besar untuk tubuh saya namun masih dalam tarap normal. Karena masih bisa match dengan tubuh saya,maka dipilihlah untuk meminjam jas milik tetangga.

Oh iya, walaupun saya yang akan di wisuda, tetapi yang paling repot dan bingung adalah ibu dan adik saya. Beliau bingung akan menggunakan pakaian yang mana dan sibuk melihat-lihat koleksi pakaian di lemari sambil memikirkan apakah ada atasan (jilbab) yang cocok dengan pakaian tersebut. Begitupun adik saya, sama-sama bingung akan memilih menggunakan pakaian yang mana.

Hari wisuda

Di hari wisuda tersebut kami sekeluarga dan juga pacar saya berangkat dari rumah pukul 06:00 pagi menuju gedung Balai Sidang Jakarta, setelah 50 menit di perjalanan akhirnya sedikit lagi sampai ke tempat pintu masuk parkiran tetapi sangat di sayangkan ternyata jalan menuju kearah pintu masuk tersebut di tutup oleh pihak kepolisian karena sepengelihatan saya disitu sedang ada event gerak jalan. Alhasil kami menghabiskan 45 menit waktu tambahan untuk bermacet ria dan mencari jalan alternatif menuju pintu masuk.

Kejadian diluar dugaan seperti ini membuat saya baru masuk kedalam gedung perhelatan upacara wisuda pada pukul 7:50. Karena hal itu saya tidak bisa duduk berdekatan dengan kumpulan teman-teman satu kelas, dan hanya duduk bersama Aji. Saya duduk di nomor kursi 80 dan aji 79, dan fakultas saya secara umum terbagi menjadi 2 kelompok, yaitu kelompok 8 dan 7 yang berada di sebelah timur dari pintu masuk gedung.

Saya bersama Aji
Peserta wisuda harus sudah berada di dalam gedung paling lambat pada pukul 08:00 sedangkan upacara di mulai pukul 08:30. Nah selisih waktu tersebut di isi oleh aksi panggung band Pilot. Tetapi saya tidak kaget kalau band tersebut hadir di acara wisuda ini. Karena pada acara wisuda sebelum nya di bulan desember tahun lalu pihak kampus pun mengundang band tersebut.

Upacara wisuda di mulai

Pukul 08:30 lewat sedikit upacara pun dimulai, upacara di awali dengan menyanyikan lagu Indonesia raya kemudian mengheningkan cipta, lalu di lanjutkan dengan menyanyikan hymne Gunadarma dan juga mars Gunadarma. Setelah itu ada sambutan dari Koordinator Kopertis wilayah III dan dilanjutkan dengan sambutan dari ibu rektor dan ibu ketua panitia.

Kemudian di lanjutkan dengan orasi ilmiah oleh bapak yang saya lupa namanya, beliau merupakan anak bangsa yang sudah dan mungkin masih memberikan banyak hal untuk negara kita Indonesia tercinta. Setelah itu dimulailah prosesi wisuda, yang identik dengan memindahkan tali di topi toga dari sebelah kiri menuju sebelah kanan (untuk program magister dan doktor tali toga tidak di pindahkan tetapi tetap berada di kanan karena sebelum nya sudah pernah menjalani prosesi wisuda).

Berdasarkan dari apa yang saya tahu pemindahan tali tersebut bermakna kalau selama di bangku perkuliahan mahasiswa banyak menggunakan otak kiri nya untuk berfikir, dan saat ini di harapkan para alumni universitas untuk menggunakan otak kanan nya yang kaya dengan kreatifitas dan terjun ke masyarakat.

Karena banyaknya peserta prosesi wisuda pastinya akan memakan waktu lama untuk menyelesaikan seluruh proses. Saya pikir karena fakultas saya berada di grup nomor 7 dan 8 artinya fakultas saya akan menjadi fakultas paling terakhir yang akan diwisuda tetapi alhamdulillah ternyata tidak. Fakultas saya mendapatkan bagian awal jadi tidak perlu menunggu terlalu lama. Lalu kelompok 7 di minta berdiri oleh panitia untuk baris satu persatu menuju panggung utama, kemudian jika sudah selesai kelompok tersebut makan di perbolehkan duduk kembali.

Ternyata di kelompok 7 seingat saya ada Wahid, Eko, Bowo dan beberapa teman kelas lain nya yang saya lupa siapakah dia. Kemudian giliran kelompok 8 yang berdiri seluruhnya, bersiap untuk maju ke depan. Sebelum naik ketas panggung ada beberapa panitia yang berdiri untuk memperhatikan pakaian para peserta wisuda yang akan naik keatas panggung apakah sudah terlihat rapih atau belum, ada pula yang mengingatkan agar selalu tersenyum agar terlihat gembira saat di foto oleh photographer.

Suasana upacara wisuda
Setelah Aji di wisuda oleh ubu rektor tibalah giliran saya, pada saat sudah di depan ibu rektor saya malah menyodorkan tangan terlebih dahulu untuk salaman "duh pake acara salah lagi" ucapku dalam hati saat itu, pasalnya sebelum naik ke atas panggung saya mengajari Aji bagaimana proses yang benar pada saat berada di depan ibu rektor, eh malah saya yang salah ternyata. Seharusnya tali toga di pindahkan terlebih dahulu barulah bersalaman, akan tetapi ibu rektor mengerti dengan tidak menerima salaman sebelum beliau memindahkan tali toga saya. Setelah itu beliau mengucapkan selamat kepada saya (dan juga kepada setiap peserta yang di wisuda oleh beliau).

Setelah di wisuda oleh rektor saya menuju bapak yang ada di sebelah ibu rektor untuk menerima ucapan selamat dalam bentuk kertas yang ada di dalam tongkat kecil berwarna ungu, kemudian saya berjalan turun kembali menuju kelompok 8 tetapi sebelum itu para photographer mengambil terdahulu foto saya untuk dokumentasi. Lalu sampailah saya di kursi saya nomor 80 dan setelah seluruh peserta wisuda dari kelompok saya selesai di wisuda maka kami barulah di perbolehkan duduk kembali.

Setelah itu kami yang sudah di wisuda hanya menunggu sampai seluruh peserta selesai di wisuda dengan sesekali diselingi nyanyian oleh paduan suara kampus sampai upacara selesai.

Setelah seluruh proses upacara wisuda selesai


Saya berfoto dengan latar belakang panggung

Saya bersama pacar saya

Berfoto bersama sebagian teman sekelas

Berfoto bersama sebagian teman sekelas
Setelah seluruh proses upacara wisuda selesai kami teman-teman KA20 berkumupul untuk bersalaman dan mengucapkan selamat satu sama lain serta berfoto ria, bisa jadi ini adalah momen bersama kami sebelum kami menjalani hidup yang jauh berbeda dengan masa kuliah dahulu. Sebenarnya dilain hari nanti kita masih reuni sesama teman KA20, tetapi tidak ada yang bisa menjamin apakah reuni nanti bisa benar-benar terlaksana mengingat kesibukan masing-masing dan lokasi tinggal yang mungkin nanti sudah jauh dari Depok.

Kemudian saya keluar meuju loby gedung dan bertemu dengan pacar saya yang sudah saya kenal dari sejak kuliah di semester pertama dan memberikan saya kado yang tentunya saya tidak tahu apa isinya. Lalu saya bertemu orang tua dan  adik-adik saya kemudian berpelukan serta mengucapkan selamat kepada saya. Setelah itu barulah kami sekeluarga mengantri untuk berfoto bersama (foto wisuda bersama keluarga). Kemudian kami pulang menuju rumah tetapi sebelum sampai rumah kami sempatkan dulu untuk makan siang karena sudah 7 jam sebelum nya terakhir kami makan.

Selfie bersama keluarga diperjalanan pulang

Ucapan terima kasih

Gift pemberian pacarku
Alhamdulillah terima kasih kepada Allah swt yang telah memberikan nikmat dan rizki nya sehingga hamba mu bisa menyelesaikan pendidikan di bangku kuliah, terima kasih kepada keluarga saya yang telah memberikan segala support biaya, waktu dan doa. Terima kasih kepada pacar saya Nurjamalina yang sudah menemani dan mendukung saya selama ini dan terima kasih ya untuk kado wisuda nya. Lalu terima kasih kepada seluruh dosen yang berjasa mencerdaskan saya. Terima kasih kepada anak-anak kontrakan yang menjadi teman bermain, belajar dan berbahagia. Terima kasih kepada seluruh warga KA20 yang menjadi partner dalam belajar di kelas selama 3 tahun kalian luar biasa.

 Akhir kata

Alhamdulillah dan saya ucapkan selamat kepada teman-teman sepermainan, teman satu kelas, dan seluruh teman angkatan 2010 jurusan Siste Informasi Universitas Gunadarma yang sudah lulus dan sudah di wisuda. Artinya kalian sudah resmi menyandang gelar Sarjana Komputer (S.kom) yang semoga dengan gelar yang di sandang nya dapat bermanfaat bagi orang terdekatnya, masyarakat dan juga bangsa agama serta negara. Sampai jumpa :)

Lain-Lain

Detail acara :

a.Acara terbagi menjadi 2 sesi :
  • Sesi pagi pukul 08:30 WIB
  • Sesi siang pukul 12:30 WIB
b.Dress code :
  • Wisudawan menggunakan jas
  • Wisudawati menggunakan kebaya
  • Orang tua atau tamu undangan menggunakan pakaian rapih
c.Lokasi : Balai Sidang Sarjana JCC, Senayan

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

3 comments

Write comments
May 7, 2015 at 4:44 PM delete

Selamat Mas atas wisudanya, semoga kelak bisa sukses karirnya.. aamiin. :)

Saya baru tahu itu makna tali toga yang dipindahin dari kiri ke kanan. Memang bener juga yaa, selama kuliah lebih sering dipakai otak kirinya.

Reply
avatar
May 8, 2015 at 10:51 PM delete

Iya mas, padahal kalau di seimbangkan potensi dua sisi otak tersebut hasil nya bisa mantab banget tuh :) :_bd

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
August 10, 2015 at 3:00 PM delete

Do'akan saya jg bang gundar 2011 nanti sidang kompre bln september, semoga bisa cepat wisuda.. Amiinn ^_^

Reply
avatar