Membandingkan Kualitas Jaringan Beberapa Operator Seluler Indonesia, Ada Harga Ada Rupa

Irfan Hikmatiar 3:22 PM
Sudah selama lima tahun saya menggunakan layanan dari operator Tri yang menurut saya harga paket-paketnya paling murah dan mudah tanpa banyak syarat. Ya memang sih ada harga ada rupa, selama bertahun-tahun saya menjadi pelanggan provider tersebut saya sering mengalami permasalahan jaringan seperti hilangnya sinyal dan jikalau ada sinyal koneksi internet nya pun seperti kota Jakarta yang selalu mengalami kemacetan dimana-mana.

Berangkat dari permasalahan tersebut saya memutuskan untuk menggunakan provider lainnya yang kata teman-teman saya bagus. Dipilihlah layanan dari provider XL, dan saya pun berekspektasi banyak terhadap provider ini. Terlebih XL sudah mulai menggembar-gemborkan layanan 4G nya di iklan komersial TV, dan juga dikenal dengan paket-paket internet nya yang murah.

Setelah saya membeli perdana XL lalu saya mencoba untuk menggunakan nya di rumah, dan ternyata benar-benar diluar ekspektasi. Sinyal 3G susah didapat bahkan terkadang menghilang dari ponsel saya, lalu saya mencoba jaringan 2,5G (EDGE) siapa tahu dapat berjalan dengan baik. Tapi ternyata sama saja walaupun sinyal EDGE nya lebih stabil tetapi koneksi internet terasa sangat lambat.

Akhirnya saya memutuskan tidak akan menggunakan provider XL karena tidak beda jauh dengan Tri yang koneksi internetnya tidak lancar. Lantas provider apa ya yang kualitas jaringan nya stabil.
Disini saya coba mencari tahu.

Gambar 1. Coverage jaringan 3G Jabodetabek



Gambar diatas adalah perbandingan jaringan 3G antara  3 provider berbeda yaitu Telkomsel, XL dan tri di area Jabodetabek. Daerah yang tertutupi Hot Zone (zona berwarna merah) menandakan wilayah tersebut mendapatkan sinyal yang cukup baik. Sedangkan yang tidak tertutupi Hot Zone menandakan daerah tersebut tidak mendapatkan sinyal dengan cukup baik. Bisa berarti sinyal nya lemah atau tidak ada sama sekali.

Dari gambar 1 dapat disimpulkan provider Telkomsel memiliki jangkauan jaringan yang paling luas, diikuti oleh XL dan Tri. Itulah sebabnya pengalaman menggunakan ketiga provider tersebut pasti berbeda tergantung wilayahnya. Tetapi gambar tersebut memperlihatkan cakupan wilayah yang sangat luas, lantas bagaimana kalau dilihat lebih detail bagaimana Hot Zone di tempat tinggal saya.

Gambar 2. Coverage jaringan di sekitar tempat tinggal
Gambar 2 memperlihatkan lokasi saya (gambar titik biru yang dilingkari) ternyata tidak berada pada Hot Zone, kecuali provider Telkomsel. Berdaskankan kedua gambar diatas dapat disimpulkan :
  1. Coverage jaringan ketiga provider tersebut berbeda, pertama Telkomsel, kedua XL, ketiga Tri.
  2. Masih banyak area Blank Zone di sekitar Jabodetabek yang notabennya wilayah central di Indonesia.
  3. Penetrasi jaringan 3G masih belum merata. Bukan nya memperbaiki dulu kualitas jaringan 3G, beberapa provider saat ini sudah menggembar-gemborkan 4G.
Akhirnya saya pun memutuskan menggunakan provider Telkomsel dan benar saja jaringan 3G di tempat tinggal saya Full Bar dan koneksi internet dapat berjalan dengan baik. Ya tetapi ada harga lebih yang harus saya bayarkan untuk menggunakan provider Telkomsel. Tetapi saya puas, tidak masalah harga lebih mahal tetapi jaringan bagus dibandingkan dengan harga murah tetapi jaringan tidak lancar.

Catatan :
* Penulis bukan sales dari salah satu provider, tulisan yang penulis buat murni berdasarkan pengalaman penulis.
** Pengalaman menggunakan provider dapat berbeda tergantung wilayah tidak mutlak sama dengan tulisan diatas
***Pengujian diatas adalah kondisi jaringan telekomunikasi pada saat artikel ini di tulis (oktober 2014), kondisi saat ini bisa saja menjadi lebih baik atau lebih buruk

-ihs

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments