Pengalaman Memperpanjang STNK 5 Tahunan

Irfan Hikmatiar 12:47 PM
Gedung Samsat Polda Metro Jaya
Di bulan Januari 2014 ini motor kesayangan yang sudah menemani saya malang melintang di jalanan ibukota harus memperpanjang STNK 5 tahunan. Di tahun-tahun sebelum nya saya biasa membayar pajak tahunan di mobil STNK/SIM keliling yang ada di stasiun Tanjung Barat, tapi untuk yang 5 tahunan harus dan wajib melakukan perpanjangan di kantor samsat sesuai kota tempat saya tinggal yaitu Jakarta Selatan. Kantor Samsat Jakarta Selatan terletak di dalam kawasan Polda Metro Jaya dan kantor tersebut adalah kantor Samsat bersama antara regional Jakarta Selatan dan daerah DKI Jakarta.

Saya berangkat menuju kantor Samsat di hari sabtu (hari ini) dan sampai di lokasi sekitar jam 8:30. Saya membagi proses keseluruhan menjadi beberapa tahapan :

Peryaratan dan Peta Lokasi

  • Cek Fisik Kendaraan
  • STNK Asli + Fotokopi
  • Fotokopi BPKB
  • KTP asli + Fotokopi sesuai nama di STNK dan BPKB


Peta Lokasi Polda Metro Jaya


Tahap pertama


Tenda cek fisik kendaraan

Loket pengeluaran hasil cek fisik

Masuk kedalam area Polda Metro Jaya  (PMJ), saya masuk lewat pintu samping PMJ dan ikuti aturan yang ada seperti membuka kacamata hitam, lalu saya mengikuti arah yang bertuliskan "cek fisik kendaraan", ikuti terus petunjuk arah tersebut sampai berada di belakang gedung Samsat.

Jalur yang kecil untuk R2 dan yang besar untuk R4. Kemudian parkir kendaraan di tenda yang sudah disediakan, tetapi sebelum mengecek nomor rangka kendaraan terlebih dahulu harus mengambil formulir yang ada di loket. Setelah nomor di cek kemudian kendaraan di parkirkan di tempat parkir umum, lalu saya kembali lagi ke tempat tersebut untuk memberikan formulir ke loket pemeriksaan nomor rangka.

Tahap kedua

Setelah selesai dengan cek fisik lalu saya menuju kedalam gedung samsat lantai 4, setelah sampai di lantai 4 pertama ambil formulir di loket formulir, kemudian isi form yang ada di formulir sesuai petunjuk, setelah di isi saya menuju tempat Foto Copy untuk mengcopy berkas yang di perlukan, harganya Rp2000.

Tahap ketiga

Suasana lantai 4 gedung samsat


Setelah tahap dua, daftarkan formulir yang sudah di isi di loket pendaftaran lampirkan juga berkas yang sudah di fotocopy tadi, setelah itu akan di berikan nomor antrian dan menunggu panggilan dari petugas. Kemudian bayar pajak kendaraan di loket kasir sebesar nilai pajak kendaraan yang di bebankan.

Tahap terakhir

Nomor yg dapat dihubungi utk informasi TNBK


Setelah tahap 3, saya menunggu penyerahan STNK dan TNKB (plat nomor) dari petugas, setelah nama saya di panggil di berikanlah STNK yang baru tetapi sayang TNKB tidak dapat diberikan karena tidak ada stok plat nomor saat ini. Jadi saya harus menunggu petugas menelpon atau sms saya pada saat jatah plat saya tersedia. Normalnya pada tahap ini turut diserahkan STNK dan TNKB yang baru.

Kesimpulan

Dari awal sampai proses terakhir total waktu yang dibutuhkan sekitar 1 jam, sudah termasuk memarkirkan motor. Bisa dibilang prosesnya cukup cepat serta profesional, dan tidak selama yang saya kira sebelumnya. Saya mengerjakan semuanya tanpa calo, jadi bagi kawan-kawan yang akan memperpanjang atau proses lainnya tidak perlu menerima jika ada tawaran dari calo.

Untuk yang ingin bertanya, boleh post pertanyaan di bawah.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
IlmiFatma
AUTHOR
June 25, 2015 at 3:59 PM delete

sekarang mudah ngurus pelayanan pajak stnk
makasih infonya ya

Reply
avatar