Keuntungan dan Kerugian Download Single Link dan Multiple Link

Irfan Hikmatiar 3:31 PM
Bagi anda pecinta download pasti sudah tidak asing dengan istilah single link dan multiple link. Single link berarti file yang anda download adalah satu file utuh sedangkan multiple link merujuk kepada file download yang dipecah menjadi beberapa bagian. Tetapi bagi anda yang belum terlalu paham mengenai hal ini disini saya akan menjelaskan apa saja keuntungan dan kerugian download single link dan multiple link.

A. Contoh kasus

Saya ingin mendownload game Fry Cry 4 yang menjadi bahan perbincangan saat ini, tetapi file game tersebut mencapai  28Gb. Lalu setelah searching disana-sini ditemukanlah 2 tipe file download, pertama ada yang single link (satu link download dengan ukuran file  28Gb) dan ada yang berupa multiple link (28 link download @1000Mb/part). Lantas manakah yang harus dipilih?

B. Single link
Gambar 1. Proses download single file
Keuntungan : Link download tipe ini sangat mudah dan praktis, hanya dengan sekali
klik tombol download anda tinggal menunggu file sampai selesai. Cocok bagi anda yang berlangganan internet kabel yang bersifat unlimited.

Kerugian : Apabila terjadi eror ditengah proses download, bisa karena gangguan server, gangguan listrik atau komputer tiba-tiba hang dan lain nya. File download yang sudah terdownload bisa berpotensi menjadi corrupt atau tidak bisa dilanjutkan lagi.  Hal ini saya alamai pada saat mendownload game Far Cry 4, pada saat file sudah sampai 14Gb yang terdownload, saya membuka sebuah program komputer tetapi program tersebut entah mengapa membuat laptop saya menjadi hang dan sama sekali tidak bisa digunakan. Akhirnya dengan berat hati saya mematikan laptop secara paksa dan yang terjadi adalah pada saat saya akan melanjutkan proses download, IDM harus memulai proses download lagi dari awal dan hal ini membuat saya sangat kecewa.

C. Multiple link

Gambar 2. List download multiple link



Keuntungan : Link download bertipe ini sangat cocok bagi anda yang memiliki internet unlimited tetapi dengan koneksi yang naik turun atau kurang stabil (internet via operator seluler). Tipe ini memberikan anda rasa aman yang lebih karena jika ada part yang corupt ditengah jalan anda tidak perlu mendownload ulang dari awal, cukup part yang corupt saja.

Kerugian : Karena terdiri dari banyak part, tipe download seperti ini mengharuskan anda membuat list seperti gambar 2. Membuat list seperti itu cukup membuat saya kerepotan karena biasanya web yang memberikan link download seperti itu akan mencari keuntungan melalui iklan (seperti adf.ly). Pada saat mengklik download part 1 akan muncul adf.ly lalu setelah 5 detik saya baru bisa mengklik tombol skip lalu setelah masuk di web download (seperti mediafire) saya harus memasukan captcha. Itu baru terjadi pada part 1, hal yang seperti itu akan dilanjutkan sampai part ke 29, cukup merepotkan bukan?

Setelah saya membuat list download seperti gambar 2 saya akan meningkalkan  laptop saya yang mendownload secara otomatis part tersebut. Jika part 1 sudah selesai makan akan otomatis melanjutkan proses download ke part 2, tetapi bagaimana jika pada saat saya tinggal tidur tetapi proses download di part 2 tidak berjalan karena berbagai alasan. Tentu pada saat saya bangun tidur dan melihat hal tersebut saya akan kecewa karena laptop saya biarkan tetapi tidak melanjutkan proses download nya.

Gambar 3. Part 19 yang tidak dapat di download karena sesi koneksi sudah habis
Selain itu hal yang cukup membuat emosi adalah, apabila ada satu part yang dihapus oleh pihak hosting karena berbagai alasan. Otomatis seluruh part yang sudah terdownload akan menjadi tidak berguna dan harus menunggu admin web yang menyediakan file download tersebut untuk mengupload ulang part yang hilang tersebut.

D.Penutup
Berdasarkan penjabaran diatas masing-masing memiliki keunggulan dan kerugiannya. Kini pilihan nya tingal melihat bagaimana tipe koneksi internet anda dan mana tipe mendownload file yang paling sedikit kerugian nya bagi anda. Selamat mendownload ya :D

-ihs

Artikel Terkait

Previous
Next Post »